Yogyakarta - iPad Mini siap dipasarkan Apple seharga USD
329. Meski lebih mahal dibandingkan tablet PC kompetitornya, produk ini
diprediksi tetap laku keras karena brand Apple yang kuat.
Roberta
Cozza, analis dari biro riset Gartner, memaparkan bahwa Apple memang
sengaja memasang harga iPad mini cukup tinggi. Sebab, jika harganya
lebih murah, brand Apple bisa rusak karena kesannya yang premium.
"Harga yang mereka pertahankan bagus untuk mereka dan mereka tidak membanderolnya terlalu rendah," tukas Cozza yang SEBEKOM kutip dari Inquirer, Kamis (25/10/2012).
Cozza
menyatakan iPad Mini memang bukan inovasi. Namun adalah respons Apple
terhadap tren yang tengah terjadi di industri teknologi, di mana
beberapa vendor membuat tablet berukuran kecil.
"Mereka mendefinisikan pasar tablet dengan iPad 10 inch namun produk Mini ini lebih menjadi reaksi mereka," lanjut Cozza.
Cozza
menilai iPad Mini tetap akan sukses berkat brand Apple. Meskipun ada
produk Android pesaing dengan harga lebih murah, seperti Nexus 7 dan
Kindle Fire.
"Pembeli akan mempertimbangkan dua hal utama, desain dan brand, ketika memilih sebuah tablet. Saya pikir, brand Apple lebih kuat dibanding brand Nexus," kata dia.
"Saya
pikir saat ini Apple juga punya ekosistem terkuat. Ekosistem iPhone,
iPad dan sekarang iPad Mini lebih kuat dalam soal aplikasi yang
dioptimalisasi sesuai form factor-nya," pungkasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar